Pengantar

ORANG KUDUS SEBAGAI TELADAN IMAN & TELADAN HIDUP KRISTIANI

Orang katolik tentu sudah tak asing lagi dengan orang kudus. Setiap nama baptis selalu diambil dari nama orang kudus. Mungkin tanggal kelahiran atau baptisnya bertepatan dengan pesta atau peringatan orang kudus. Nama orang kudus,yang dikenakan sebagai nama baptis, memiliki dua makna, pertama, mendapat perlindungan dari orang kudus; kedua, menimba dan mengikuti teladan iman orang kudus.
Tak semua orang kudus itu sudah menunjukkan kesalehan hidup sejak kecil. Ada yang penuh dosa dan kejahatan lainnya. Bahkan ada yang sempat meragukan imannya. Namun mereka akhirnya bertobat dan berubah menjadi baik, hidup sesuai dengan kehendak Allah. Inilah teladan hidup mereka. Orang katolik dipanggil untuk memiliki nama baptis yang diambil dari nama orang kudus agar dapat mengikuti teladan hidupnya.
Untuk maksud di atas, website keuskupan menampilkan riwayat hidup orang kudus dengan tujuan (1) umat dapat mengenal orang kudus yang menjadi nama baptisnya. (2) Orangtua bisa menentukan nama baptis bagi anaknya. (3) Riwayat orang kudus ini bisa menjadi bahan refleksi dan juga novena.
(Pada bagian orang kudus bulanan, hanya akan ditampilkan daftar nama orang kudus bulan yang bersangkutan. Untuk membaca riwayatnya tinggal klik di nama orang kudusnya)

image_pdfimage_print